Badai Ingunn Mengakibatkan Angin Berkekuatan Topan, Kerusakan Struktural dan Pemadaman Listrik di Norwegia

(SeaPRwire) –   Badai Ingunn membawa angin berkekuatan badai, kerusakan struktural, dan pemadaman listrik ke Norwegia

Badai paling kuat di Norwegia dalam lebih dari tiga dekade merobek atap, meningkatkan risiko longsor, membatalkan penerbangan, dan memutus aliran listrik yang terjadi pada bagian-bagian . Hari Kamis.

Angin berkekuatan badai membawa hembusan hingga 112 mil per jam di beberapa tempat. Sebuah catatan kecepatan angin nasional baru yaitu 121,7 mil per jam tercatat secara lokal pada hari Kamis di pulau Soemma, Lembaga Meteorologi Norwegia mengatakan.

Dekat Laerdal, sebuah kota kecil yang indah di timur laut Bergen, kota terbesar kedua di Norwegia, sebuah bus dengan 14 penumpang tertiup angin dari jalan, meskipun tidak ada laporan korban luka, kata polisi.

Beberapa daerah banjir, dan maskapai penerbangan serta operator feri menghentikan layanan. Terdapat laporan yang tersebar mengenai sekolah, jalan, terowongan, dan jembatan yang ditutup karena angin kencang, hujan, dan salju. Diperkirakan 12.000 rumah tangga tidak memiliki listrik.

Embusan angin berkekuatan badai juga dilaporkan pada malam hari. Lembaga Meteorologi dan Hidrologi Swedia mengeluarkan peringatan merah, peringatan tertingginya, untuk wilayah barat distrik Norrbottens, yang berbatasan dengan Norwegia. Media lokal melaporkan bahwa sekolah-sekolah ditutup di kota Kiruna, Swedia.

Badai yang diberi nama Ingunn oleh ahli meteorologi Norwegia mendarat di Norwegia tengah pada Rabu sore sebelum bergerak ke utara hari Kamis. Lembaga Meteorologi mengeluarkan peringatan merah untuk wilayah Arktik dan beberapa peringatan longsor.

Jendela-jendela terlempar keluar di sebuah hotel di Bodoe, sebuah kota di distrik Nordland, polisi mengatakan, menambahkan bahwa pusat kota Bodoe kemudian ditutup karena “ada bahaya bagi kehidupan dan kesehatan.”

Rumah Sakit Universitas Norwegia Utara mengatakan sebagian atap rusak di cabangnya di pulau terbesar Norwegia, Hinnoeya. Foto-foto di media Norwegia menunjukkan landasan pendaratan helikopter dipenuhi puing-puing.

“Genteng atap beterbangan ke mana-mana di seluruh kota dan jarak pandang buruk,” juru bicara kota Harstad Øivind Arvola mengatakan kepada penyiar Norwegia NRK. Polisi setempat mengonfirmasi puing-puing beterbangan.

Direktorat Air dan Energi Norwegia, yang dikenal sebagai NVE, mengeluarkan peringatan longsor tertinggi untuk sebagian besar Norwegia selatan dan tengah untuk beberapa hari mendatang. Badan tersebut juga memperingatkan risiko considerable untuk tanah longsor, mudslide, dan untuk periode yang sama.

Bjoernar Gaasvik, juru bicara polisi di wilayah Troendelag, mengatakan kepada kantor berita Norwegia NTB bahwa badan keselamatan publik menerima antara 40 dan 50 laporan semalam dari orang-orang yang terkena badai dan lebih banyak lagi yang diharapkan Kamis.

Sigmund Clementz dari asuransi IF mengatakan kepada surat kabar Norwegia VG bahwa masih terlalu dini untuk memperkirakan biaya kerusakan akibat badai.

Di selatan di Denmark, jembatan Storebaelt yang menghubungkan dua pulau besar Denmark ditutup untuk kendaraan dengan trailer ringan karena angin kencang.

Badai tersebut melanda daerah yang sama dengan badai Tahun Baru 1992, salah satu badai terkuat dalam sejarah Norwegia, kata surat kabar VG.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.