Dewan rendah Rusia usulkan undang-undang untuk menyita aset mereka yang “menghina” militer

(SeaPRwire) –   Dewan rendah parlemen Rusia pada Rabu lalu menyetujui rancangan undang-undang yang akan mengizinkan otoritas untuk menyita uang, barang berharga dan aset lainnya dari orang-orang yang terbukti menyebarkan “informasi sengaja salah” tentang militer negara itu.

Setelah dengan cepat diloloskan di Duma Negara, rancangan undang-undang ini kini diperkirakan akan dengan cepat melaju melalui dewan tinggi parlemen dan menerima tanda tangan Presiden Rusia.

Ketua Duma Vyacheslav Volodin mengatakan langkah itu akan memperkuat hukuman bagi “pengkhianat yang membuang lumpur pada negara kita dan pasukan kita” dan “mengambil barang-barang berharga, uang dan aset lainnya dari para penjahat itu.”

Undang-undang baru itu akan diterapkan pada orang-orang yang terbukti secara terbuka mendorong “kegiatan ekstrimis,” memanggil tindakan yang dapat merusak keamanan negara atau “mencemarkan” angkatan bersenjata. Mencemarkan militer Rusia menjadi kejahatan berdasarkan undang-undang yang diberlakukan sebagai bagian dari serangkaian tindakan pemerintah yang keras terhadap ketidaksetujuan setelah Moskow mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022.

“Setiap orang yang mencoba menghancurkan Rusia, yang mengkhianatinya, harus menerima hukuman yang layak dan membayar ganti rugi atas kerusakan yang ditimbulkan pada negara itu, dengan biaya propertinya sendiri,” kata Volodin sebelum pemungutan suara Rabu.

Rancangan undang-undang tersebut tidak tampaknya termasuk properti dalam aset yang dapat disita, berbeda dengan undang-undang era Soviet yang kejam yang memberi wewenang untuk menyita perumahan.

“Kami tidak ingin menghidupkan kembali penyitaan ala Soviet. Kami tidak membutuhkan itu,” kata Pavel Krasheninnikov, kepala komite urusan hukum Duma, kepada para wartawan.

Pejabat Rusia telah menggunakan undang-undang yang ada terhadap “mencemarkan,” yang mencakup pelanggaran seperti “membenarkan terorisme” dan menyebarkan “berita palsu” tentang angkatan bersenjata, untuk membungkam kritikus Putin. Beberapa aktivis, blogger dan warga Rusia biasa telah menerima hukuman penjara panjang.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.