Kelompok Teror Irak yang Dituduh Bertanggung Jawab atas Serangan mematikan terhadap Tentara AS Mengklaim akan Menghentikan Aktivitas Militer

(SeaPRwire) –   Grup teroris berbasis Irak yang diduga bertanggung jawab atas serangan mematikan terhadap pasukan AS di Yordania mengumumkan bahwa mereka menangguhkan kegiatan militer di wilayah tersebut.

Kelompok tersebut, Kata’ib Hezbollah, mengatakan mereka menangguhkan operasi di bawah tekanan dari dan pemerintah Irak, menurut New York Times. Presiden Biden tetap bersumpah untuk merespons serangan Minggu, yang menewaskan tiga tentara AS dan sekitar 30 lainnya cedera.

Kata’ib Hezbollah, yang diterjemahkan menjadi “Brigade Partai Allah”, bertanggung jawab atas sebagian besar lebih dari 160 yang beroperasi di Irak dan Suriah sejak pertengahan Oktober.

“Kami mengumumkan penangguhan operasi militer dan keamanan terhadap pasukan pendudukan – untuk mencegah malu bagi pemerintah Irak,” kata pemimpin kelompok itu, Abu Hussein al-Hamidawi, dalam sebuah pernyataan Selasa malam.

Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani telah meminta berhentinya serangan terhadap AS pada akhir 2023, tetapi ia diabaikan. Namun, setelah kematian tentara Amerika, ia langsung berintervensi ke pemerintah Iran, menurut Times.

“Keputusan Kata’ib Hezbollah datang sebagai hasil tindakan yang diambil oleh perdana menteri secara internal dan eksternal, untuk mencegah eskalasi, dan untuk memastikan penyelesaian lancar negosiasi penarikan pasukan koalisi internasional dari Irak,” kata juru bicara pemerintah Irak dalam sebuah pernyataan.

“Kami berharap semua pihak akan mendengarkan panggilan pemerintah untuk mengurangi ketegangan dan memastikan tidak ada titik panas ketegangan di wilayah ini, dan di Irak khususnya,” tambah juru bicara itu.

ia telah memutuskan tindakan apa yang akan diambil untuk merespons serangan di Yordania, tetapi Gedung Putih belum menawarkan rincian tentang sifat atau jadwal tanggapan tersebut.

Sementara itu, Iran mengatakan akan membalas serangan AS secara serupa.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.