Krisis Penghijrahan Sepanyol Meningkat Kerana Lebih 1,000 Penghijrah Tiba di Kepulauan Canary Dalam 3 Hari

(SeaPRwire) –   Lebih dari 1.000 migran dari negara-negara sub-Sahara tiba dalam 18 kapal selama tiga hari terakhir, kata dinas penyelamatan laut Spanyol hari Senin. Satu mayat ditemukan di salah satu kapal.

Kelompok pulau di barat laut Afrika ini telah menyaksikan gelombang kedatangan migran dalam beberapa pekan terakhir karena semakin banyak orang dari Afrika Barat yang mencoba perjalanan berbahaya tersebut. Pihak berwenang mengatakan 7.270 migran tiba pada bulan Januari, sekitar sebanyak jumlah yang ada di semester pertama tahun 2023.

Sebagian besar kapal berangkat dari Mauritania. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen akan mengunjungi negara tersebut pada hari Kamis untuk mendorong pihak berwenang agar mencoba membatasi keberangkatan.

Spanyol dan Uni Eropa telah memiliki perjanjian kerja sama dengan Mauritania dan negara tetangga Senegal untuk mencoba mengurangi jumlah migran yang tiba di pulau-pulau tersebut. Namun beberapa orang muda berkeras untuk mengambil kesempatan dan mengatakan ada sedikit peluang dan terkadang kekacauan politik di rumah.

Kementerian dalam negeri Spanyol mengatakan rekor 55.618 migran tiba melalui kapal — sebagian besar di Kepulauan Canary — tahun lalu, hampir dua kali lipat dari jumlah tahun sebelumnya.

Organisasi nirlaba Spanyol Caminando Fronteras (Walking Borders) mengatakan lebih dari meninggal saat mencoba mencapai Spanyol melalui kapal tahun lalu, sebagian besar di jalur Atlantik. Angka tersebut lebih dari dua kali lipat jumlah yang dilaporkan oleh organisasi tersebut untuk tahun 2022.

Caminando Fronteras mengatakan mereka menyusun angka-angka mereka sendiri dari keluarga migran dan statistik penyelamatan.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.