Ladang tebu terbakar membuat industri rum Haiti menjadi korban terbaru krisis geng negara itu

(SeaPRwire) –   Rum terkenal Haiti menjadi korban terbaru dari gangster yang berlomba untuk mengendalikan banyak bisnis dan wilayah di negara Karibia yang bermasalah.

Setidaknya 19,8 hektar ladang tebu dibakar dalam beberapa hari terakhir ketika geng saingan bertarung di dekat penyulingan Rhum Barbancourt di ibu kota Haiti Port-au-Prince, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan hari Minggu.

Rum berasal dari tebu. Jumlah hektar yang terbakar akan menutupi lebih dari empat lapangan sepak bola, tetapi pejabat Barbancourt menekankan ladang yang hilang tidak akan mempengaruhi produksi.

Namun, yayasan perusahaan tersebut mengatakan akan menghentikan sementara distribusi air minum bersih gratis, menyediakan perawatan medis, dan menawarkan penggunaan lapangan sepak bola dan lapangan basket untuk melindungi keselamatan karyawannya.

Rum Haiti dianggap sebagai salah satu produk negara tersebut.

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Volker Türk telah mencatat bahwa lebih dari 800 orang tewas, terluka atau diculik di seluruh Haiti pada bulan Januari, lebih dari tiga kali lipat jumlahnya dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2023. Diperkirakan 300 anggota geng lainnya juga tewas atau terluka bulan lalu, katanya.

Dia mengatakan intensitas bentrokan geng baru-baru ini, yang terkadang berlangsung beberapa jam, “mungkin menunjukkan bahwa beberapa geng baru-baru ini menerima amunisi baru.”

Haiti juga sedang pulih dari serangkaian demonstrasi kekerasan baru-baru ini yang menuntut pengunduran diri . Türk mengatakan bahwa setidaknya 16 orang tewas dan hampir 30 lainnya luka-luka selama protes, sebagian besar dalam konfrontasi dengan polisi.

Sementara itu, kekerasan geng terus berlanjut.

“Setiap hari yang berlalu, korban baru dilaporkan,” kata Türk akhir minggu lalu saat dia mendesak pengerahan cepat pasukan polisi Kenya yang didukung PBB yang telah macet di pengadilan.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.