Mantan perwira senior intelijen dijatuhi hukuman penjara 14 tahun karena melanggar undang-undang rahasia Kanada

(SeaPRwire) –   Pada hari Rabu, seorang hakim menghukum seorang mantan pejabat senior intelijen dari kepolisian nasional dengan hukuman 14 tahun penjara karena melanggar undang-undang rahasia negara.

Cameron Ortis memimpin kelompok Riset Operasional dari Royal Canadian Mounted Police, yang mengumpulkan informasi rahasia mengenai penjahat dunia maya, sel teroris, dan transnasional.

Hakim Pengadilan Tinggi Ontario, Robert Maranger, mengatakan pada hari Rabu bahwa Ortis akan dikreditkan dengan waktu yang dihabiskan dalam tahanan, dan kini ia harus menjalani hukuman selama tujuh tahun dan 155 hari.

Pada bulan November lalu, juri menyatakan Ortis, 51 tahun, bersalah atas tiga tuduhan melanggar Undang-Undang Keamanan Informasi dan satu tuduhan mencoba melakukannya. Mereka juga menyatakannya bersalah atas pelanggaran kepercayaan dan penggunaan komputer secara curang.

Ortis mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan, termasuk melanggar dengan mengungkapkan informasi rahasia kepada tiga orang pada tahun 2015 dan mencoba melakukannya dalam kasus keempat.

Jaksa penuntut berpendapat bahwa Ortis tidak memiliki kewenangan untuk mengungkapkan materi rahasia dan bahwa ia tidak melakukannya sebagai bagian dari operasi penyamaran yang sah.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.