Politikus Sayap Kanan Jerman Akan Diadili karena Diduga Menggunakan Slogan Nazi

(SeaPRwire) –   Salah satu tokoh partai kanan jauh dari Partai Alternatif untuk Jerman akan diadili pada April atas tuduhan yang terkait dengan dugaan penggunaan slogannya pada pidato tahun 2021 yang digunakan oleh pasukan penyerbu SA Nazi, kata pihak berwenang pada hari Jumat.

Björn Höcke, 51, adalah pimpinan partai di negara bagian timur Thuringia dan seorang tokoh berpengaruh di sayap kanan dari Partai Alternatif untuk Jerman, atau AfD. Ia bersiap untuk memimpin kampanye di pemilihan negara bagian yang dijadwalkan pada 1 September.

Dalam kasus yang dijadwalkan untuk diadili di pengadilan negara bagian di Halle pada 18 April, Höcke didakwa menggunakan simbol-simbol yang inkonstitusional dan melanggar hukum. Ia dituduh mengakhiri pidatonya di Merseburg pada Mei 2021 dengan kata-kata “Segala sesuatu demi Jerman!”

Jaksa penuntut berpendapat bahwa ia menyadari asal frasa tersebut sebagai slogan SA. Mereka mengatakan bahwa pengacara Höcke membantah bahwa kata-katanya memiliki “relevansi kriminal.”

Pengadilan menjadwalkan empat sesi hingga 14 Mei.

Höcke juga menghadapi persidangan atas tuduhan hasutan dalam kasus terpisah yang terkait dengan posting Telegram tahun 2022. Pengadilan di Muehlhausen, yang berlokasi di negara bagian asalnya, belum menetapkan tanggal.

Cabang AfD di Thuringia memiliki reputasi yang sangat radikal dan dipandang oleh badan intelijen dalam negeri Jerman sebagai kelompok “ekstremis sayap kanan yang terbukti”.

Höcke pernah menyebut tugu peringatan Holocaust di Berlin sebagai “monumen rasa malu” dan menyerukan untuk melakukan “perubahan 180 derajat” dalam cara mengingat masa lalunya. Sebuah pengadilan partai pada waktu itu menolak tawaran untuk mengeluarkannya.

Jajak pendapat nasional dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan bahwa AfD berada di tempat kedua di belakang oposisi konservatif arus utama, dan partai tersebut sangat kuat di bekas wilayah komunis negara tersebut.

Dalam beberapa minggu terakhir, terdapat serangkaian aksi unjuk rasa besar-besaran terhadap sayap kanan menyusul laporan bahwa para ekstremis bertemu untuk membahas pengusiran jutaan imigran, termasuk beberapa yang berkewarganegaraan Jerman, dan bahwa beberapa anggota AfD hadir.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.