Presiden Meksiko mengutuk laporan tentang penyelidikan lama AS terhadap klaim sumbangan kampanye dari kampanye narkoba yang diduga

(SeaPRwire) –   MEXICO CITY (AP) — Presiden Meksiko pada hari Rabu mengutuk laporan media bahwa pemerintah AS meluncurkan investigasi yang gagal terhadap klaim bahwa pedagang obat bius mungkin telah memberikan uang untuk kampanyenya yang gagal pada tahun 2006.

Presiden segera menginterpretasikan laporan tersebut sebagai serangan AS terhadap pemerintahannya dan partainya Morena sebelum pemilihan presiden Meksiko pada 2 Juni.

Kontroversi tersebut mengancam untuk menghidupkan kembali ketegangan bilateral saat kedua negara menuju pemilihan presiden, dan dapat merusak kerja sama AS-Meksiko dalam pemberantasan perdagangan narkoba, sama halnya saat penangkapan mantan menteri pertahanan Meksiko pada tahun 2020, Jenderal Salvador Cienfuegos, oleh AS.

Kisah-kisah tersebut menggambarkan kesaksian para pedagang bahwa mereka telah menyerahkan sekitar 2 juta dolar AS kepada orang-orang kepercayaan Presiden Meksiko pada tahun 2006, ketika ia kalah tipis dalam pemilihan presiden.

Tidak ada bukti konkret yang ditemukan dan penyelidikan tahun 2010 kemudian dibatalkan, tetapi López Obrador menyatakan bahwa lembaga AS berada di balik putaran baru laporan tentang tuduhan lama tersebut.

“Itu benar-benar bohong, itu fitnah,” kata López Obrador pada hari Rabu pada briefing media hariannya. “Saya tidak mengeluh tentang para jurnalis … Saya mengeluh tentang pemerintah AS, karena mengizinkan praktik-praktik tidak bermoral yang melanggar etika politik ini.”

“Bukan wartawannya, tapi lebih tinggi,” kata presiden, tanpa menjelaskan lembaga AS mana yang dia tuduh berada di balik cerita tersebut.

López Obrador telah lama mengeluhkan tindakan agen-agen Drug Enforcement Administration AS di Meksiko, dan setelah penangkapan Cienfuegos, ia memberlakukan pembatasan pada agen-agen AS di Meksiko.

Mike Vigil, mantan kepala operasi internasional untuk DEA, khawatir bahwa perselisihan terbaru dapat menandai penurunan serupa dalam kerja sama.

“Ini mengerikan, itu artinya lebih banyak obat-obatan yang menuju ke Amerika Serikat dan lebih banyak kekerasan di Meksiko,” kata Vigil. “Ini lebih buruk daripada saat Cienfuegos ditangkap.”

“Ini adalah serangan langsung terhadapnya. Kedua, ia memandangnya sebagai dampak pada kampanye presiden atau dalam pemilu presiden yang akan datang,” kata Vigil. “Sekarang, jika kita pikir hubungan dengan Meksiko buruk, hubungan itu akan berubah dari buruk menjadi hampir tidak ada.”

Claudia Sheinbaum, kandidat partai Morena, memimpin jajak pendapat untuk pemilihan 2 Juni. Tetapi tingginya angka kekerasan yang terus terjadi di Meksiko — dan janji Sheinbaum untuk melanjutkan kebijakan López Obrador untuk tidak menghadapi kartel narkoba — adalah salah satu sayap pemerintahan yang paling rentan.

Menurut laporan ProPublica, Insight Crime, dan Deutsche Welle dari Jerman, DEA sedang menyelidiki klaim oleh pedagang obat bius yang bekerja sama dan mantan penasihat kampanye bahwa para pemimpin kartel narkoba Beltran Leyva memberikan uang kepada orang-orang kepercayaan López Obrador pada tahun 2006.

Tetapi penyadapan percakapan antara informan DEA dan salah satu ajudan utama López Obrador tidak mengonfirmasi sumbangan tersebut, dan pejabat AS kemudian memerintahkan kasus yang sensitif secara politis itu ditutup.

López Obrador sangat sensitif terhadap apa pun yang menodai otoritas moral atau reputasinya sendiri, yang menjadi tumpuan seluruh partainya.

Tetapi fakta bahwa ketiga cerita itu diterbitkan hampir bersamaan pada hari Selasa membuat López Obrador dan para pendukungnya menduga bahwa beberapa entitas yang kuat berada di balik gelombang pers yang buruk.

Guadalupe Correa-Cabrera, seorang profesor madya di Universitas George Mason, mengatakan bahwa waktu tersebut membuat sebagian orang di Meksiko berpikir bahwa cerita tersebut telah dibocorkan kepada wartawan oleh beberapa pejabat AS.

“Itu semacam reaksi terhadap publikasi tiga cerita tentang masalah yang sama yang diterbitkan pada waktu yang sama. Dan itu juga sesuatu yang telah dipertanyakan,” katanya.

López Obrador bukan orang asing dalam menyelidiki tentang bagaimana ia membiayai tiga kampanye presidennya yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2006, 2012 dan 2018, ketika ia akhirnya memenangkan kursi kepresidenan. Operator kampanye yang terkait dengan López Obrador telah beberapa kali tertangkap kamera saat menerima uang tunai dalam jumlah besar, tetapi tanpa bukti bahwa ia mengetahuinya.

Tetapi banyak politisi lain di Meksiko yang terlibat dalam skandal pendanaan kampanye, catat Correa-Cabrera.

“Itu juga merupakan pertanyaan terbuka tentang beberapa politisi dan kampanye presiden, tidak hanya Andrés Manuel López Obrador, tetapi orang-orang yang berkuasa secara keseluruhan,” katanya.

Di luar kekhawatiran bahwa cerita-cerita itu dapat memengaruhi pemilu Meksiko, Correa-Cabrera mencatat bahwa dampak sebenarnya dapat terjadi pada pemilu AS tahun 2024.

“Saya pikir itu juga ada hubungannya dengan serangan yang telah diungkapkan Partai Republik secara terbuka dan tentu saja proposal untuk menyatakan perang terhadap kartel,” katanya. “Ini menambah gagasan yang dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh politisi Republik … ‘Meksiko adalah negara narkoba, kita perlu melakukan sesuatu, kita perlu mengirim pasukan kita ke sana.’”

López Obrador sudah marah karena campur tangan yang dirasakan Amerika. Ia mengklaim bahwa penangkapan Cienfuegos di Amerika Serikat, mantan menteri pertahanan, adalah bagian dari rencana DEA untuk melemahkan angkatan bersenjata Meksiko dan memungkinkan agen-agen AS berkeliaran bebas di Meksiko.

Cienfuegos ditangkap di bandara Los Angeles pada tahun 2020, dituduh berpartisipasi dalam jaringan perdagangan narkoba dan pencucian uang internasional.

Meksiko menuntut pembebasan Cienfuegos, yang dilaporkan mengancam akan mengusir agen-agen AS kecuali ia dikembalikan. Amerika Serikat membatalkan tuduhan dan memulangkannya. Meksiko dengan cepat membebaskan Cienfuegos dari kesalahan apa pun, dan kemudian menahan visa bagi agen-agen AS dan membatasi pekerjaan yang dapat mereka lakukan di Meksiko.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.