Rancangan Undang-Undang “omnibus” yang didukung Milei mendapat persetujuan awal dari para anggota parlemen Argentina

(SeaPRwire) –   Dewan perwakilan Argentina memberikan persetujuan keseluruhan terhadap tagihan reformasi “omnibus” yang mencakup dalam sebuah pemungutan suara pada Jumat setelah berhari-hari berdebat, membuka jalan bagi pemungutan suara yang menentukan di Senat.

Paket reformasi kontroversial itu disetujui melalui pemungutan suara sebanyak 144 suara mendukung, dan 109 menentang.

Anggota parlemen di majelis rendah juga akan memberikan suara terhadap undang-undang tersebut pasal per pasal, yang diharapkan dimulai pada 6 Februari, tetapi persetujuan secara umum berarti kemungkinan besar sekarang akan dilanjutkan ke majelis tinggi dalam beberapa bentuk.

Selama beberapa hari terakhir, pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera yang menentang reformasi Milei telah berulang kali bentrok dengan polisi anti huru hara yang ditempatkan di luar gedung neoklasik berkubah hijau, terkadang melemparkan batu ke arah mereka.

Rancangan undang-undang raksasa tersebut merupakan bagian utama dari rencana reformasi Milei untuk ekonomi Argentina yang dilanda krisis, yang bergulat dengan inflasi di atas 200%, cadangan mata uang asing yang menipis, dan bom waktu pembayaran utang yang dimiliki kreditur dan investor.

Reformasi yang membentuk RUU tersebut berkisar dari kebijakan ekonomi hingga privatisasi entitas negara. Mereka merupakan bagian utama dari upaya Milei untuk mengatasi krisis ekonomi terburuk negara itu dalam beberapa dekade, dengan inflasi lebih dari 200% dan kas negara yang mengering.

Pemungutan suara tersebut dilakukan setelah perdebatan panjang dan sengit di majelis rendah, dengan deputi untuk blok oposisi Peronis kiri-tengah utama, Union por la Patria, menyuarakan penolakan keras terhadap kebijakan Milei sementara para pendukungnya mendesak mereka untuk tidak menghalangi RUU tersebut.

Partai La Libertad Avanza milik Milei hanya memegang sejumlah kecil kursi di majelis beranggotakan 257 kursi, tetapi masih mampu mengumpulkan dukungan yang cukup dari sekutu yang sepemikiran termasuk dari koalisi partai-partai Juntos por el Cambio tengah-kanan utama untuk memajukan RUU tersebut.

Minggu lalu, pemerintah Milei mencabut beberapa reformasi pengeluaran yang memecah belah yang terkandung dalam bagian fiskal dari RUU dalam apa yang ternyata merupakan manuver yang sukses untuk meningkatkan dukungan terhadapnya.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.