Rusia dan Ukraina bertukar ratusan tawanan perang setelah kecelakaan pesawat yang menewaskan tentara Ukraina

(SeaPRwire) –   Ukraina dan Rusia melakukan pertukaran ratusan tahanan perang dalam sebuah pertukaran yang dilakukan hanya beberapa hari setelah jatuhnya pesawat angkut Rusia yang membawa lusinan tentara Ukraina yang ditangkap.

Pertukaran Rabu menyaksikan 207 tentara Ukraina, sementara Ukraina membebaskan 195 orang Rusia, menurut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Pertukaran tersebut merupakan yang pertama terjadi sejak kecelakaan minggu lalu. Moskow menuduh Ukraina menembak jatuh transportasi minggu lalu, yang katanya sedang menuju untuk melakukan pertukaran tahanan lagi.

“Orang-orang kami kembali. 207 dari mereka. Kami mengembalikan mereka ke rumah apa pun yang terjadi. Kami mengingat setiap warga Ukraina yang ditawan. Baik pejuang maupun warga sipil. Kami harus membawa mereka semua kembali. Kami sedang mengusahakannya. Tim Ukraina telah melakukan pekerjaan bagus lainnya. Budanov, Yermak, Usov, Maliuk, dan Klymenko. Kalian hebat!” Zelenskyy menulis di X.

Presiden Rusia, pada hari Jumat mengklaim bahwa sebuah rudal Ukraina menembak jatuh pesawat angkut militer yang membawa 65 tahanan perang Ukraina dan sembilan orang Rusia minggu lalu.

“Mengetahui (para tawanan perang berada di atas kapal), mereka menyerang pesawat ini. Saya tidak tahu apakah mereka melakukannya dengan sengaja atau tidak sengaja, melalui kecerobohan,” klaim Putin.

Ukraina belum mengonfirmasi atau menyangkal bahwa pesawat angkut militer Rusia hari itu. Klaim Rusia bahwa kecelakaan itu menewaskan tawanan perang Ukraina tidak dapat diverifikasi, menurut AP.

Pejabat Ukraina mengonfirmasi awal minggu ini bahwa dijadwalkan akan terjadi pada hari Rabu tetapi mengatakan saat itu bahwa acara tersebut telah dibatalkan. Para pejabat menambahkan bahwa Moskow tidak meminta agar wilayah udara dijaga aman selama jangka waktu tertentu, seperti yang terjadi pada pertukaran tahanan sebelumnya.

Rusia dan Ukraina telah menyetujui banyak pertukaran tahanan selama dua tahun konflik terakhir, tetapi tidak jelas hingga pertukaran hari ini bahwa pola itu akan terus berlanjut setelah bencana minggu lalu.

‘ Chris Pandolfo berkontribusi pada laporan ini.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.