Tepat Seminggu, Gempa Terkini Pagi Ini Kembali ke Mentawai

, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa terkini yang bisa dirasakan di wilayah Indonesia terjadi pada Rabu pagi ini, pukul 03.44 WIB. Gempa itu menggetarkan Siberut di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

BMKG, lewat laman resminya, mengatakan gempa berkekuatan Magnitudo 5,1. Sumbernya berada di darat, 55 kilometer barat laut Mentawai, dengan kedalaman 17 kilometer.

Gempa bisa dirasakan dengan intensitas III MMI atau terasa nyata di dalam rumah di Siberut. Getarannya menjalar sampai Kota Padang dan dirasakan pada skala II MMI atau hanya bisa dirasakan sebagian orang di dalam rumah.

Gempa terkini berselang tepat seminggu dari gempa terakhir yang mengguncang Kepulauan Mentawai. Pada Rabu pagi 5 Mei 2021 gempa berkekuatan 5,7 M bersumber dari laut, tiga kilometer tenggara Tuapejat, Pulau Sipora. Kedalaman sumber, 29 kilometer.

Gempa saat itu mengguncang hingga skala IV MMI di Tuapejat atau bisa dirasakan sebagian orang di luar rumah. Di Padang, sebagian warga sampai berhamburan ke luar bangunan. Di kota itu, gempa dirasakan dengan intensitas pada skala III MMI.

Dua hari sebelumnya, gempa juga mengguncang Mentawai dengan kekuatan 5,2 M dan bisa dirasakan hingga skala IV MMI. “Patut kita waspadai bersama karena di zona ini merupakan kawasan seismic gap Sumatera yang berpotensi terjadinya gempa besar,” kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, kala itu. 

Belum ada keterangan untuk gempa terkini selain respons sejumlah warganet di akun BMKG yang mengabarkan peristiwa gempa itu. Ada yang mengatakan gempa terjadi di tengah cuaca hujan dan petir, ada yang menyinggung momen sahur terakhir di bulan Ramadan tahun ini.