Terpopuler Bisnis: Soal Bursa Kripto Binance hingga Angkutan Udara Selama Mudik

, Jakarta – Berita terpopuler sepanjang Jumat, 14 Mei 2021, dimulai dari bursa kripto Binance diduga cuci uang dan gelapkan pajak hingga penumpang angkutan udara turun 93 persen selama larangan mudik.

Adapula berita tentang BPJS Kesehatan cabang Manado ungkap tunggakan peserta mandiri capai Rp 10 miliar dan soal Menhub Budi Karya Sumadi menilai PT KCI tidak profesional karena terjadi penumpukan penumpang kereta.

Berikut empat berita terpopuler ekonomi dan bisnis selama kemarin:

1. Bursa Kripto Binance Diduga Cuci Uang dan Gelapkan Pajak

Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia, dikabarkan sedang diselidiki Departemen Kehakiman Amerika Serikat dan Internal Revenue Service lantaran diduga melakukan aktivitas terlarang, yaitu tindak pencucian uang dan penggelapan pajak.

Sebagai bagian dari penyelidikan, pejabat yang menyelidiki pencucian uang dan pelanggaran pajak telah mencari informasi dari individu yang memiliki pengetahuan tentang bisnis Binance.

Hal itu diungkap orang yang mengetahui masalah tersebut yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena penyelidikan tersebut bersifat rahasia seperti dilansir dari laporan Bloomberg.

Binance dipimpin Changpeng Zhao, seorang eksekutif teknologi yang senang mempromosikan token di Twitter dan dalam wawancara media menyebut Binance telah melompati saingannya sejak ia mendirikannya bersama pada 2017.

Binance, seperti industri lain yang beroperasi, sebagian besar tumbuh di luar lingkup pengawasan pemerintah. Binance didirikan di Kepulauan Cayman (Cayman Island) dan memiliki kantor di Singapura. Namun, Binance mengatakan tidak memiliki kantor pusat perusahaan tunggal.

Chainalysis Inc., sebuah perusahaan forensik blockchain yang kliennya termasuk agen federal Amerika Serikat, menyimpulkan tahun lalu bahwa di antara transaksi yang diperiksa, lebih banyak dana yang terkait dengan aktivitas kriminal mengalir melalui Binance daripada pertukaran crypto lainnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

1234
Selanjutnya