Amer Sports Meluncurkan Penawaran Saham Perdana $1,4 Miliar Menandai Jalan Baru Untuk Transaksi Lintas Perbatasan

(SeaPRwire) –   NEW YORK, 2 Februari 2024 — Pemimpin peralatan olahraga global Amer Sports, Inc. memulai debutnya di Bursa Efek New York hari ini, meraup $1,37 miliar dalam penawaran umum perdana. Perusahaan yang didukung oleh konsorsium ANTA Sports, Fountain Vest Partners, Anamered Investments (Chip Wilson, Pendiri Lululemon), Tencent, dan ZWC Partners ini, menetapkan harga penerbitan $13 dolar per lembar saham, sehingga bernilai sekitar $6,5 miliar dolar pada saat penulisan berita ini.

Amer Sports, perusahaan asal Finlandia yang berdiri pada tahun 1950 sekaligus merupakan pemilik dari merek dagang ikonis ini, dipelopori oleh tiga merek inti: Arc’teryx, Salomon, dan Wilson, yang mencakup berbagai kategori seperti pakaian, alas kaki, peralatan, perlengkapan pelindung, dan aksesori. Konsorsium yang dipimpin oleh ANTA Sports mengakuisisi grup perlengkapan olahraga yang didirikan di Finlandia tersebut dalam kesepakatan yang dinilai sebesar $5 miliar pada saat itu.

Prospektus menunjukkan bahwa pada kuartal pertama hingga ketiga tahun 2023, laba Amer Sports di kawasan Tiongkok Raya meningkat sebesar 67,6% secara tahunan menjadi $593 juta, melampaui skala pendapatan di kawasan tersebut selama tahun 2022. Amer Sports menyatakan bahwa marjin laba operasional di kawasan Tiongkok Raya melampaui marjin laba keseluruhan grup. Yang perlu dicatat adalah, berkat penerapan pendekatan DTC (Langsung ke Konsumen) dan pembukaan toko yang pesat di pasar Tiongkok, daya beli konsumen Tiongkok untuk Arc’teryx bahkan lebih kuat dari di Amerika Utara, dengan efisiensi toko di Tiongkok hampir dua kali lipat dari Amerika Utara.

IPO menandai tonggak penting dalam aktivitas investasi lintas batas, kata mitra perusahaan PE Asia ZWC Partners, Michael Yao, dan dapat berfungsi sebagai cetak biru untuk lebih banyak transaksi semacam itu di masa mendatang. 

Transaksi ini meningkatkan kelas konsumen yang tumbuh cepat dan minat yang meningkat terhadap gaya hidup sehat termasuk olahraga hingga ke kekuatan merek-merek yang terhormat dengan sejarah panjang sebagai pemimpin di bidangnya, kata Yao

Selain itu, setelah beberapa tahun perekonomian tumbuh pesat di antara negara-negara, sektor konsumen Asia telah mengumpulkan strategi pemasaran dan keahlian ritel yang efektif. Permintaan terhadap merek olahraga dan luar ruangan premium sedang mengalami tren peningkatan di kawasan Jepang, Korea Selatan, Tiongkok Raya, dan Asia Tenggara.

Keberhasilan Amer Sports mencerminkan tren konsumsi merek yang lebih luas di Asia. Perusahaan konsultan Bain memprediksi kawasan ini akan menyumbang lebih dari 50% pasar barang mewah global pada tahun 2025, dengan Tiongkok dan Jepang tetap menjadi pembelanja utama. Perekonomian Asia Tenggara yang sedang berkembang pesat, kemakmuran yang meningkat, dan preferensi kelas menengah muda untuk barang-barang mewah semakin menonjolkan potensi kawasan tersebut.

Yao mengatakan bahwa Amer baru saja mulai menjelajahi potensi portofolio mereknya di kawasan ini, dengan pertumbuhan yang konsisten di pasar internasional lainnya, seperti AS dan Eropa.

ZWC Partners selalu percaya bahwa pertumbuhan ekonomi yang pesat dan akumulasi kekayaan di Asia menggerakkan kelas konsumen baru, dan kami meramalkannya sebagai tren jangka panjang,” kata Yao, “Konsumsi secara bertahap akan meningkat di berbagai sektor seiring dengan peningkatan merek yang jelas.”

Kesepakatan Amer menjadi preseden untuk diikuti orang lain, kata Yao, di mana mereka dapat menghadirkan mitra strategis lintas batas untuk hasil yang sama-sama menguntungkan. Perusahaannya sedang mencari potensi investasi pada merek konsumen internasional yang dapat dibantu ZWC dengan sumber dayanya yang melimpah di seluruh pasar Asia lainnya.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.