Artmarket.com: Artprice mengomentari peluncuran dana investasi seni Prancis FrenchArtFund yang diatur oleh AMF

(SeaPRwire) –   PARIS, 5 Februari 2024 — Artprice by Artmarket telah membaca artikel yang ditulis oleh Martine Robert dan Anne-Sophie Vion yang diterbitkan pada 25 Januari 2024 di surat kabar finansial Prancis, LES ECHOS yang berjudul “Eksklusif: FrenchArtFund, dana investasi seni pertama yang diatur oleh AMF“, yang di dalamnya Artprice disebutkan sebagai nilai tertentu yang dicari oleh Dana Seni Profesional Khusus campuran:

Artprice100© vs. S&P 500 vs. STOXX Europe 50 – Base 100in January 2000


Artprice100© vs. S&P 500 vs. STOXX Europe 50 – Base 100in January 2000

Artikel tersebut mengajukan banyak pertanyaan yang mendorong kami untuk menghubungi pendiri Inocap Gestion dan dana investasi FrenchArtFund, Olivier Bourdelas, untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal usul dana ini serta ketentuan dan tujuannya. Dana tersebut diluncurkan hari ini (1 Februari 2024).

Setelah diskusi yang panjang, kami setuju bahwa visi kami tentang pasar seni memiliki banyak kesamaan dan jelas bahwa motif Olivier Bourdelas untuk peluncuran FrenchArtFund sangat sejalan dengan apresiasi kami sendiri mengenai apa yang dibutuhkan pasar seni Prancis.

Artikel LES ECHOS mendeskripsikan Olivier Bourdelas sebagai berikut: “Seorang kolektor seni selama dua puluh tahun, tetapi juga sebagai pendiri Inocap Gestion pada tahun 2007, sebuah perusahaan yang telah mendukung lembaga budaya Prancis dan terlibat dalam program akuisisi karya-karya seniman muda. […], Olivier Bourdelas – juga administrator European House of Photography dan Neuflize OBC Foundation for the Visual Arts, telah mengembangkan jembatan antara profesinya dan gairahnya.”

Pasar seni dan pasar finansial

Dalam diskusi kami, Olivier Bourdelas menegaskan pandangannya bahwa pasar seni memiliki banyak kesamaan dengan pasar finansial, mengatakan bahwa ada “kesamaan yang sangat banyak antara keduanya.” Pengamatan ini mencerminkan hasil penelitian historis Artprice by Artmarket dan sebagian besar pekerjaan serta publikasinya selama beberapa dekade terakhir. Alat ekonometrik dan indeks Artprice sangat penting untuk membangun dana investasi di Pasar Seni.

Setelah mengonfirmasi pengamatan bersama kami, kami tidak terkejut menemukan bahwa proyeksi kami untuk masa depan juga sangat mirip.

Berinvestasi pada Seni

Olivier Bourdelas: “Dalam dunia yang tidak dapat diprediksi di mana nilai yang sebenarnya sulit ditemukan, para penabung semakin mencari sesuatu yang bermakna untuk diinvestasikan. Investasi jangka panjang dalam seni menghasilkan dan mendukung nilai-nilai budaya dan pendidikan yang berbeda dari investasi tradisional. Oleh karena itu, berinvestasi dalam seni bukan hanya investasi pada aset ‘nyata’, namun juga investasi yang menyenangkan dan ‘dapat disajikan’ untuk masa depan kolektif kita.”

Artprice: “Seni saat ini secara luas dianggap sebagai investasi alternatif yang tidak hanya menawarkan hasil tinggi tetapi juga korelasi yang rendah terhadap aset finansial yang umum. Oleh karena itu berinvestasi pada karya-karya seniman terhebat (seperti Pablo Picasso, Claude Monet, atau Georgia O’Keeffe misalnya) dapat memperkaya secara pribadi dan finansial, selama kita memperhatikan spesifikasi pasar seni, dan terutama, waktu yang dapat diperlukan untuk menjual karya seni yang unik.”

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Olivier Bourdelas: “Kecintaan kita terhadap seni Kontemporer dimulai sepuluh tahun lalu. Sejak 2013, kami telah mendukung dunia kreatif Prancis dengan mengakuisisi satu karya per kuartal. Dan kami mendukung beberapa lembaga seperti The Maison Européenne de la Photographie di Paris dan proyek Franciscaines di Dauville.
Di tingkat pribadi, saya telah mengoleksi karya-karya seniman dari berbagai asal selama 20 tahun. Tetapi saya juga memberikan uang ke Centre Georges Pompidou dan saya adalah anggota dewan untuk berbagai badan budaya seperti Maison Européenne de la Photographie dan Neuflize OBC Corporate Foundation, dan istri saya adalah seorang fotografer.
Untuk pembentukan FrenchArtFund, kami mendirikan tim yang terdiri dari lima individu yang sangat terampil, termasuk dua manajer, seorang direktur operasi, dan seorang manajer pemasaran dan komunikasi, dengan saya sebagai pendukung. Kami telah merekrut tim yang benar-benar terbaik untuk memberikan dana tersebut peluang sukses.
Kedua manajer kami masing-masing memiliki pengalaman hampir dua puluh tahun di pasar seni, telah bekerja dengan rumah lelang internasional terbesar, dan menikmati reputasi yang sangat baik. Berbagi nilai-nilai umum dan pengetahuan yang luar biasa, tim ini akan bertanggung jawab dalam jangka panjang di sisi saya.
Kami akan terutama fokus pada seniman dari Artprice Global Top 500 (dalam hal perputaran lelang tahunan). Karya-karya ini akan sebagian besar merupakan lukisan yang diproduksi oleh seniman Pasca-Perang dan Kontemporer dalam kisaran harga antara €150 dan €500.000.
Untuk meminimalkan risiko, kami akan memusatkan pembelian kami pada karya-karya yang dibuat pada abad ke-20 dan ke-21 oleh seniman terkenal, diwakili oleh galeri internasional besar, dengan catatan rekam jejak yang solid di pasar sekunder melalui rumah lelang internasional.
Untuk memaksimalkan nilai potensial dari dana kami, kami juga akan berinvestasi pada seniman baru yang direpresentasikan oleh galeri-galeri yang memiliki pengaruh yang kuat dan menikmati berita-berita museum yang berulang.
Kami akan menghindari investasi pada karya-karya seniman muda yang belum populer di pasar sekunder dan belum menjadi bagian dari koleksi lembaga besar.
Semua investasi akan dilakukan setelah analisis menyeluruh yang melibatkan pengawasan terperinci hasil lelang untuk karya-karya yang sebanding oleh seniman tersebut dan menggunakan matriks penilaian multi-kriteria yang eksklusif, yang mengintegrasikan sekitar dua puluh parameter.
Karya-karya tersebut akan disimpan di lokasi penyimpanan yang sangat aman dan rahasia dengan salah satu pemain utama di pasar seni Prancis.
Sekali atau dua kali setahun, pelanggan dan mitra kami akan berkesempatan untuk menemukan sebagian koleksi di tempat yang ramah di mana mereka akan diundang bersama keluarga dan teman-teman. Pada kesempatan ini, seorang pembicara, direktur museum, atau bahkan seorang kurator pameran, akan berbicara untuk menjelaskan praktik seorang seniman atau bahkan memimpin debat atau konferensi seputar gerakan artistik misalnya. Bidang kemungkinan sangat luas di area ini, sehingga kami akan dimanjakan dengan pilihan.
Mengingat kekhususan kelas aset ini, kami ingin membangun hubungan spesial dengan para pelanggan dana kami. Sebagai bagian dari tujuan kami