CGTN: Gala Tahun Baru Imlek 2024: Gabungan tradisi dan inovasi memikat jutaan penonton di seluruh dunia

(SeaPRwire) –   BEIJING, 12 Februari 2024 — Tahun ini Spring Festival Gala, sebuah perayaan tahunan yang diproduksi dan disiarkan oleh China Media Group (CMG), diselenggarakan pada malam hari menjelang Festival Musim Semi pada Jumat malam. Acara ini menandakan waktu berharga ketika orang-orang Tiongkok di seluruh dunia berkumpul bersama keluarga mereka untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

 
CGTN: 2024 Spring Festival Gala: A fusion of tradition and innovation captivates millions worldwide

Sebagai acara TV paling banyak ditonton di Tiongkok, gala tersebut telah menjadi acara tahunan sejak pertama kali disiarkan pada tahun 1983. Gala tahun 2023 telah meraup 11 miliar tayangan di seluruh media channel CMG, menjadikannya acara TV paling banyak ditonton di dunia.

Tahun ini, gala tersebut menyuguhkan perpaduan berbagai pertunjukan, mulai dari pertunjukan musik, komedi, dan seni tradisional seperti opera dan kungfu, hingga penampilan spektakuler seperti sulap dan akrobat. Gala tersebut juga memadukan teknologi canggih seperti _extended reality_ (XR) dan teknologi interaksi panggung imersif untuk menyempurnakan pengalaman menonton.

Di antara pertunjukan yang menonjol, program adat istiadat Tahun Baru yang kreatif memamerkan kekayaan dan keberagaman budaya kuliner Tiongkok, menunjukkan panen yang melimpah di Tahun Naga. Tarian genderang Tiongkok muncul sebagai fitur penting lainnya yang memukau, dengan para penari dalam pakaian tradisional meramaikan panggung dengan irama genderang yang dinamis. Koreografi, perpaduan dinamis antara presisi dan spontanitas, menghidupkan bentuk seni kuno dalam perayaan kontemporer.

Melanjutkan tema inovasi ini, acara “NEW YEAR BROCADE” secara kreatif memadukan musik dengan teknologi sintesis virtual canggih. Acara itu mengubah simbol-simbol representatif dari Tiongkok kuno menjadi pertunjukan memesona, menampilkan “fashion show kuno” di mana para karakter tampak muncul langsung dari lukisan. Dengan memadukan elemen tradisional dan modern, acara ini menghidupkan kembali motif budaya yang telah bertahan selama ribuan tahun, memukau penonton dengan pertunjukan estetika Oriental.

Pertunjukan yang memikat ini dimungkinkan berkat gala tahun ini yang menggunakan model produksi virtual (VP), yang mengintegrasikan sistem XR dan VP yang memadukan elemen virtual dan fisik dalam definisi ultra tinggi. Teknik pengambilan gambar yang inovatif, seperti pratinjau _storyboard_ dinamis dan sinkronisasi efek pencahayaan virtual dan nyata, menciptakan ruang realistis yang memukau di mana dunia maya dan dunia fisik menyatu dengan mulus.

Untuk pertama kalinya, aula studio menggunakan sistem interaksi panggung imersif yang dilengkapi dengan pengaturan kamera definisi tinggi ultra sudut pandang bebas. Sistem ini menangkap gerakan aktor dari berbagai sudut, merekam momen-momen menakjubkan dalam acara tersebut. Dengan memanfaatkan produksi AI dan realitas tertambah untuk _augmented rendering_ secara _real-time_, menciptakan pengalaman visual yang memadukan para penampil dan pemandangan bersama.

Sorotan lain dari gala tersebut adalah kemampuan bercerita yang mahir, yang menangkap kehidupan orang biasa, mulai dari tantangan hingga momen-momen kebahagiaan mereka, dan menghidupkan pemandangan kehidupan sehari-hari dengan jelas. Misalnya, proyek “Spring Festival Gala is waiting for you,” yang mengundang orang-orang biasa yang telah menjadi selebritas internet, telah menjadi fitur menonjol dari Spring Festival Gala tahun ini.

Orang-orang dari berbagai latar belakang menjadi pusat perhatian di gala tersebut. Mulai dari koki mi dan pensiunan teknisi hingga polisi dan atlet, orang-orang di berbagai profesi berbagi kisah mereka dalam film pendek pembuka “Our Spring Festival Gala,” yang menyalakan harapan untuk masa depan yang lebih cerah.

Dalam rangka merayakan Tahun Naga, CGTN memulai tantangan Loong Year Loong Dance pada 8 Januari, menjangkau pemirsa di seluruh platform media sosial di seluruh dunia. Karena tarian tidak mengenal batas negara, tantangan ini mengajak pemirsa global untuk terhubung dengan budaya dan semangat meriah Festival Musim Semi, menciptakan jembatan antara berbagai komunitas melalui bahasa universal gerakan.

CGTN telah menyiarkan gala tersebut secara global melalui saluran berbahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Arab, dan Rusia, serta di platform media baru yang tersedia dalam 68 bahasa, bekerja sama dengan lebih dari 2.100 media di 200 negara dan wilayah.

Mencerminkan daya tarik di seluruh dunia ini, lebih dari 3.000 layar publik di 90 kota di enam benua menyiarkan Festival Musim Semi secara langsung, memungkinkan orang-orang di seluruh dunia merasakan pesona unik Festival Musim Semi Tiongkok dan budaya Tiongkok, sambil menikmati lagu-lagu dan tawa di acara yang menggembirakan ini.

 untuk menonton siaran langsung CGTN Super Night 2024.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.