Global Times: Penggemar Marah Layak Mendapat Penjelasan dan Penghormatan setelah Messi Tidak Hadir di Pertandingan Persahabatan di Hong Kong

(SeaPRwire) –   BEIJING, 6 Februari 2024 — Semarak sorak-sorai dan kegembiraan berakhir dengan cemoohan dan tuntutan pengembalian dana di Stadion Hong Kong yang berkapasitas 40.000 tempat duduk pada hari Minggu malam setelah bintang Argentina Lionel Messi gagal tampil dalam pertandingan persahabatan antara Inter Miami dan tim bintang Hong Kong

Kevin Yeung (Yeung Yun-hung), sekretaris Kantor Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Daerah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR), mengatakan dalam jumpa pers pada siang hari Senin bahwa baru dikonfirmasi bahwa Messi tidak akan bermain 10 menit sebelum pertandingan berakhir.

Penyelenggara awalnya telah mengonfirmasi sebelum pertandingan bahwa Messi akan bermain di babak kedua. Kontrak sponsor menetapkan bahwa kecuali ada masalah keamanan atau kesehatan, Messi diharuskan bermain minimal selama 45 menit. Pemerintah setempat segera menghubungi penyelenggara Tatler XFEST setelah menyadari bahwa Messi tidak turun ke lapangan sesuai jadwal di babak kedua, menurut Yeung.

Yeung mengatakan usulan pemulihan agar Messi berbicara kepada penggemar setelah pertandingan atau menerima hadiah atas nama tim semuanya ditolak.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis segera setelah pertandingan, penyelenggara acara menyatakan “kekecewaan besar” mengenai ketidakhadiran Messi dan sesama pemain Inter Miami Luis Suárez dari acara tersebut dan mengatakan bahwa mereka “tidak menerima informasi apa pun tentang عدم adanya partisipasi mereka” sebelum dimulainya pertandingan.

“Messi dan Suárez dianggap tidak layak bermain oleh departemen medis tim mereka, yang mengecewakan semua pihak, termasuk kami,” bunyi pernyataan tersebut.

Kejadian konyol ini secara mengejutkan mirip dengan perjalanan klub Saudi Arabia Al Nassr ke Tiongkok pada bulan Januari lalu, ketika Cristiano Ronaldo terpaksa mundur dari pertandingan persahabatan melawan dua tim Tiongkok karena cedera otot. Pertandingan tersebut telah ditunda tanpa batas waktu.

Tanpa diberitahu sebelumnya tentang pertandingan tersebut, ribuan penggemar Tiongkok menjadi korban tur pramusim yang serampangan dari para bintang tersebut setelah mengeluarkan banyak uang untuk tiket, dan mereka kecewa dan sedih.

Klub-klub tersebut berisiko merusak reputasi mereka dan memperburuk cedera pemain jika keuntungan diutamakan daripada masalah lain selama tur pramusim yang padat.

Jeda pramusim dimaksudkan sebagai kesempatan bagi para pemain untuk beristirahat dan memulihkan diri untuk musim baru, tetapi tur Al Nassr dan Inter Miami di seluruh dunia telah membuat bintang-bintangnya kewalahan. Kualitas buruk dari pertandingan persahabatan dan manajemen yang tidak teratur telah mengubah para pemain menjadi penghibur yang mirip dengan binatang di sirkus.

Ketidakhadiran bintang utama Messi atau Ronaldo dalam pertandingan persahabatan tersebut membuat para penggemar kecewa. Sementara keadaan yang tidak terduga dapat muncul di dunia olahraga, penting untuk menyadari bahwa penggemar tidak hanya berinvestasi secara finansial tetapi juga emosional dalam acara-acara ini. Dedikasi dan dukungan mereka layak mendapat rasa hormat sebesar-besarnya. 

Memastikan transparansi, komunikasi yang tepat waktu, dan mengakui dampaknya terhadap para penggemar dapat sangat membantu dalam menjaga ikatan antara klub, pemain, dan para pendukung setia mereka.

Tergiur oleh kepentingan komersial yang besar, klub-klub tersebut telah memulai tur menghasilkan uang global yang luar biasa dengan mengorbankan niat pemain dan sentimen penggemar.

Terlepas dari ketidakhadiran Messi dalam kemenangan 4-1 timnya atas tim Hong Kong, Inter Miami telah mengumpulkan pendapatan sekitar $10 juta, menurut laporan.

Pemerintah HKSAR menyampaikan kekecewaannya kemudian dalam sebuah pernyataan, yang menyatakan bahwa mereka menginginkan penjelasan dari penyelenggara acara setelah Messi gagal muncul dan bahwa mereka akan berusaha untuk memotong dana yang mereka sumbangkan untuk acara tersebut.

Pertandingan persahabatan tersebut telah dianugerahi status Tanda “M” yang diberikan kepada acara olahraga besar yang diadakan di Hong Kong. Penunjukan tersebut memungkinkan penyelenggara acara untuk mengakses langkah-langkah bantuan khusus yang disediakan oleh pemerintah setempat. Hong Kong telah mengumumkan alokasi hibah sebesar HK$16 juta ($2 juta) untuk mendukung acara tersebut.

Penyelenggara menyatakan bahwa mereka telah menarik permohonan pendanaan sebelumnya dari pemerintah HKSAR.

Pihak berwenang akan mengambil tindakan lanjutan dengan penyelenggara sesuai dengan syarat dan ketentuan, yang mencakup pengurangan jumlah pendanaan sebagai akibat dari Messi yang tidak memainkan pertandingan tersebut, menurut pernyataan pemerintah.

Sementara itu, Presiden Federasi Olahraga Elektronik Asia Kenneth Fok (Fok Kai-kong) menuntut permintaan maaf dari penyelenggara. 

Dalam beberapa bulan terakhir, penyelenggara secara konsisten menggunakan daya tarik legenda sepak bola Messi sebagai strategi promosi, yang menghasilkan publisitas yang luas dan antisipasi yang besar dari warga maupun penggemar. Baik penyelenggara dan Inter Miami berutang permintaan maaf dan penjelasan kepada seluruh komunitas Hong Kong, menurut Fok.

Meskipun Messi absen di lapangan, tim gagal untuk berhubungan dengan para penggemar dengan cara alternatif. Kurangnya interaksi dan pengakuan terhadap para penggemar dan warga Hong Kong ini tidak sopan dan merupakan sikap yang tidak dapat diterima, kata Fok.

“Saya merasa seperti ditipu,” kata seorang penggemar yang telah tiba di Hong Kong dari Daerah Otonomi Uighur Xinjiang di Tiongkok Barat Laut setelah perjalanan selama 12 jam. 

Penggemar Tiongkok tidak ingin emosi mereka dipermainkan, dan mereka juga tidak ingin menyaksikan tokoh-tokoh legendaris dipaksa tampil demi keuntungan di senja karier mereka.

Insiden tersebut telah membunyikan alarm baru untuk menunjukkan rasa hormat kepada para penggemar, yang merupakan pendukung utama olahraga ini. Komunikasi yang jelas dan rasa hormat terhadap emosi mereka adalah aspek yang tidak dapat dinegosiasikan untuk menjaga hubungan yang tulus. Ketahanan dan kesetiaan para penggemar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap semangat abadi olahraga ini, dan komitmen mereka patut mendapat pengakuan dan penghargaan.

Baca lebih lanjut:

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.