Hari UA 2024: Mendorong Internet Multibahasa melalui Penerimaan Universal

(SeaPRwire) –   Acara Puncak Hari UA Akan Diadakan di Belgrade, Serbia

LOS ANGELES, 1 Februari 2024 — Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) mengajak komunitas Internet global untuk berpartisipasi dalam Hari Universal Acceptance (UA) tahunan kedua. Acara utama Hari UA akan diadakan di Belgrade, Serbia, pada 28 Maret dalam kemitraan dengan Yayasan Pendaftaran Domain Internet Nasional Serbia (RNIDS) dan Kelompok Pengarah Universal Acceptance (UASG) yang berbasis sukarela. Acara-acara pendukung di seluruh dunia juga akan diadakan mulai dari Maret hingga akhir Mei.

Hari UA perdana, yang diadakan pada tahun 2023, merupakan acara yang benar-benar mendunia, dengan lebih dari . Membangun keberhasilan tersebut, Hari UA 2024 akan terus mengumpulkan para pemangku kepentingan lokal, regional, dan global untuk mendorong pengadopsian UA. Acara Hari UA merupakan gabungan sesi pelatihan teknis dan informasional virtual, langsung, dan hibrida lokal dan regional. Sesi-sesi ini bertujuan untuk menjangkau komunitas teknis dan bahasa, perusahaan teknologi, pemerintah, akademisi, dan pemangku kepentingan industri Sistem Nama Domain (DNS) untuk mendorong pengadopsian UA guna menghasilkan Internet yang lebih multibahasa dan inklusif secara digital.

“Sebagai lembaga pendaftaran nama domain untuk IDN .срб dan .rs, kami menganggap Penerimaan Universal sebagai jalur untuk mengikutsertakan, menghubungkan, dan melakukan inovasi lebih lanjut. Hari UA adalah tonggak sejarah dan menjadi tuan rumah acara Hari UA global sungguh sebuah kehormatan,” kata Dejan Đukić, CEO RNIDS.

Sebagai landasan Internet global masa kini, UA menawarkan banyak manfaat bagi pengguna Internet dan organisasi yang melayani mereka. Saat ini, ada lebih dari 5,3 miliar pengguna Internet, dan setidaknya satu miliar lagi diperkirakan akan online. Sebagian besar pengguna baru tinggal di negara-negara yang berbicara dan menulis dalam bahasa selain bahasa Inggris. Mencapai UA memastikan setiap orang memiliki kemampuan untuk merasakan kekuatan sosial dan ekonomi penuh dari Internet menggunakan nama domain dan alamat email yang paling sesuai dengan minat, bisnis, budaya, bahasa, dan tulisan mereka.

UA merupakan kebutuhan teknis untuk memastikan bahwa semua nama domain dan alamat email yang valid, tanpa memandang tulisan, bahasa, atau panjang karakter, dapat digunakan secara setara oleh semua aplikasi, perangkat, dan sistem yang mendukung Internet. Hal ini dianggap sebagai persyaratan mendasar bagi perluasan Internet yang berkelanjutan. Sejak 2009, lanskap nama domain telah berubah secara nyata dalam hal jumlah nama domain tingkat atas (TLD) yang tersedia, panjang karakter TLD, dan tulisan yang tersedia (misalnya, .photography, .网址, ., .срб). Namun, pemeriksaan yang digunakan oleh banyak aplikasi perangkat lunak untuk memvalidasi nama domain dan alamat email sering kali menggunakan aturan yang dibuat bertahun-tahun yang lalu.

“Pengadopsian Penerimaan Universal secara global sangat penting untuk memastikan Internet yang lebih inklusif bagi satu miliar orang berikutnya yang akan online,” kata Presiden dan CEO Sementara ICANN Sally Costerton. “Hari UA merupakan peluang besar untuk memobilisasi komunitas Internet global dan para pemangku kepentingan teknis yang dapat membantu mewujudkan UA.”.

Tentang Hari UA
Diselenggarakan oleh ICANN dan UASG yang dipimpin komunitas, Hari UA terdiri dari sesi pelatihan penerimaan, adopsi, akademis, dan teknis UA yang diselenggarakan oleh UASG, ICANN, dan mitra serta organisasi global yang berminat. Acara-acara ini akan membantu para pemangku kepentingan untuk lebih memahami manfaat UA dan bagaimana mereka dapat mempersiapkan sistem mereka menjadi siap UA.

Jadwal lengkap acara akan segera dipublikasikan di dan ICANN. Acara-acara akan mencakup sesi teknis untuk pengembang perangkat lunak, penyedia email, dan pihak-pihak lain yang berfokus untuk menjadi siap UA.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang UA, kunjungi atau dan ikuti tagar #Internet4All di X, Facebook, dan LinkedIn.

Tentang ICANN
Misi ICANN adalah membantu memastikan Internet global yang stabil, aman, dan bersatu. Untuk menjangkau orang lain di Internet, Anda perlu mengetikkan alamat – nama atau angka – ke dalam komputer atau perangkat Anda. Alamat tersebut harus unik agar komputer mengetahui lokasi satu sama lain. ICANN membantu mengoordinasikan dan mendukung pengidentifikasi unik ini di seluruh dunia. ICANN dibentuk tahun 1998 sebagai sebuah organisasi nirlaba yang menguntungkan masyarakat dengan komunitas peserta dari seluruh dunia.

Tentang RNIDS
RNIDS mengelola domain tingkat atas negara .rs & Cyrillic .срб dan infrastruktur internet yang sangat penting yang memastikan domain nasional beroperasi dengan sempurna. Seiring dengan tugas utamanya, RNIDS bertujuan untuk mengartikulasikan kebutuhan, tujuan, dan minat komunitas lokal demi mendorong pertumbuhan ekosistem digital Serbia sambil berkomitmen untuk kerja sama dan pertukaran pengalaman dengan lembaga pendaftaran domain lain serta organisasi internasional.

Tentang UASG
UASG merupakan inisiatif yang dipimpin komunitas yang dibentuk pada 2015 dan didukung serta dibiayai oleh ICANN. Ini terdiri atas perwakilan dari lebih dari 120 perusahaan, pemerintah, dan kelompok komunitas. UASG berupaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya UA secara global, menyediakan sumber daya gratis bagi organisasi untuk membantu mereka menjadi siap UA, dan mengukur kemajuan adopsi UA. Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi .

Kontak: Gwen Carlson,  

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.