Laporan Trend Jenis Huruf Monotype Ungkap Pengaruh AI Generatif, Musik Rave, dan Serif Klasik Terhadap Desain Merek 2024

(SeaPRwire) –   WOBURN, Mass., 9 Feb 2024, sebuah pemimpin global di bidang jenis dan teknologi, telah merilis Laporan Tren Jenis tahun keempat yang sangat dinanti-nanti. Laporan tersebut, yang dikuratori oleh Desainer Jenis Kreatif Monotype Jordan Bell dan Direktur Jenis Kreatif Damien Collot, mengidentifikasi sepuluh tren dalam jenis dan desain merek yang ditetapkan untuk membentuk zaman zeitgeist budaya yang lebih luas tahun 2024—termasuk surealisme yang terinspirasi AI, nostalgia tahun 90-an dan Y2K untuk perayaan pesta dansa dan grunge, serta kembalinya font serif klasik. Selain tren yang diidentifikasi, laporan tersebut mengungkapkan inspirasi kreatif yang bertahan lama bahwa desainer jenis dan merek menemukan nostalgia untuk subkultur musik—sebuah benang merah yang mengalir sepanjang tren tahun ini dan dieksplorasi melalui arahan seni inovatif dari laporan itu sendiri. 

Monotype's Type Trends Report 2024


Laporan Tren Jenis Monotype 2024

Jordan Bell, Desainer Jenis di Monotype berkomentar, “Dalam hal ini, Laporan Tren Jenis Tahunan keempat kami, kami menemukan pergerakan menjauh dari tren font yang lembut, gemuk, empati yang dianut banyak merek dan kreatif setelah keterasingan dan tekanan pandemi. Tahun ini, dalam masa yang terasa nostalgis untuk kesederhanaan digital pada dunia pra-ponsel pintar, pra-AI, kami melihat para desainer kembali ke warisan dan kenyamanan font serif yang lebih tradisional, dan juga menemukan inspirasi kreatif baru dalam kancah tahun 90-an dan awal 00-an seperti grunge, jungle, dan budaya perayaan pesta dansa awal.

Sepuluh tren tersebut dibayangkan kembali oleh Monotype sebagai sampul LP vinil usang, yang menghubungkan setiap tren jenis dengan genre musik tertentu—dari jazz hingga reggae, hip hop tahun 90-an hingga punk, dan musik perayaan pesta dansa Inggris. Sampul seni vinil khayalan dibuat menggunakan AI Midjourney, sebuah proses kreatif yang dengan sendirinya mencerminkan ketegangan antara nostalgia akan dunia analog lama dan pencelupan kami dalam era digital baru yang diresapi AI. 

Ibrahim Gharib, Desainer di Monotype, yang memimpin arahan seni laporan tersebut, mengatakan, “Menghasilkan laporan ini, kami ingin menyoroti pengaruh kuat musik pada jenis—dan pada saat yang sama mencerminkan cara desainer dan merek menggunakan AI untuk membuka cara-cara baru yang mengejutkan untuk menjadi kreatif. Hasilnya adalah pemandangan mimpi visual yang imajiner tetapi sangat nostalgis, di mana tren desain modern dihubungkan dengan pengalaman budaya masa lalu sambil secara bersamaan dibentuk kembali oleh kekhawatiran, harapan, dan perangkat kreatif tahun 2024.” 

Laporan Monotype merujuk pada contoh-contoh karya kreatif dari seluruh dunia, mengungkap sepuluh tren yang muncul yang menunjukkan dualitas yang aneh di jantung dunia kita yang berubah dengan cepat—dari munculnya teknologi baru, seperti AI generatif, yang menginspirasi font surealis; dan jenis yang menantang norma desain yang diharapkan seperti keterbacaan; hingga kebangkitan kembali font serif yang menyampaikan kenyamanan, nostalgia, dan nilai-nilai warisan di masa perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Di antara tren yang termasuk dalam laporan tahun ini adalah: 

Mungkin sebagai respons terhadap gelombang seni yang dihasilkan AI yang agak kacau, Everythingallofthetime melihat para desainer bangkit menghadapi tantangan untuk menggunakan semua jenis huruf, tekstur, dan teknologi yang tersedia bagi mereka dalam satu desain. Nama tren ini terinspirasi oleh nada komedian dan musisi Bo Burnham, “Welcome to the Internet.” Tren ini terkenal dengan pola maksimalis dan tema surealis—dari mesin terbang alternatif yang dihasilkan secara acak hingga font yang berubah bentuk. Desain AI dipelajari dari manusia — apakah kita sekarang mempelajari desain dari AI? 

Dari Barbie hingga Saltburn hingga Mean Girls 2, nostalgia secara resmi kembali dengan Apa pun, tren yang mencakup spektrum gaya yang luas mulai dari grunge nihilistik hingga permainan piksel warna-warni. Mengingatkan pada brosur perayaan pesta dansa tahun 90-an dengan font tebal besar, gradien digital, dan bayangan yang dijatuhkan, kebangkitan kembali tipografi retro ini memanfaatkan gelombang nostalgia Y2K yang lebih luas yang saat ini merasuki musik, fesyen, film, dan desain. 

Dalam apa yang dapat dilihat sebagai refleksi masalah budaya dan sosial global, dari keberlanjutan dan perubahan iklim hingga reformasi keadilan sosial, para desainer memicu ketidakpatuhan estetika dengan De-form. De-form adalah tren yang menandai keberangkatan berani dari “blanding” dan “estetika bersih.” Tipografi dalam tren ini terdistorsi, sering diatur begitu rapat sehingga setiap huruf bersaing untuk mendapatkan ruang dan perhatian, menantang konvensi desain seperti keterbacaan.

Didefinisikan oleh jenis yang mengejutkan penonton dengan detail yang berani, Quirk adalah tren yang muncul yang menemukan keseimbangan antara keinginan merek untuk menjadi berbeda dan kenyamanan pelanggan. Keanehan yang halus memberikan sedikit sesuatu untuk menarik perhatian, sementara masih berakar kuat pada bentuk-bentuk sans serif yang solid, stabil, dan akrab. Sifat musik yang cair dan berputar yang ditangkap dalam font khusus untuk platform lagu yang dipersonalisasi hanyalah satu contoh kebangkitan Quirk pada tahun 2024. 

Setelah beberapa dekade merek bertransisi ke sans-serif minimalis, kita sekarang melihat Kembalinya Serif. Dengan latar belakang lingkungan yang semakin kompleks dan perubahan kecepatan tinggi, merek kembali ke kenyamanan tradisi klasik dengan tipografi yang memberi penghormatan pada warisan mereka sambil secara bersamaan melihat ke masa depan.

Damien Collot, Direktur Jenis Kreatif di Monotype, berkomentar, “Jenis merupakan refleksi dan sekaligus katalisator percakapan budaya yang membentuk kehidupan sehari-hari kita. Dalam hal ini, laporan Tren Jenis tahunan keempat kami, kami ingin menjelajahi apa yang dikatakan jenis tentang budaya dan dunia pada tahun 2024. Dengan latar belakang inovasi dan perubahan sosial dengan kecepatan sangat tinggi, kami menemukan konsep-konsep yang tampaknya berlawanan dikombinasikan oleh para desainer, yang dipengaruhi oleh kedua kemungkinan masa depan dan nostalgia akan masa lalu, mungkin menandakan era kreativitas baru yang lebih kontradiktif.” 

Untuk membaca Laporan Tren Jenis 2024 lengkap, kunjungi: .

Tentang Monotype

Monotype menciptakan merek yang penting dengan jenis, teknologi, dan keahlian. Perusahaan ini bermitra dengan pengecoran terkemuka untuk memberikan inventaris tipografi berkualitas tinggi terluas di dunia.

Informasi lebih lanjut tersedia di . Ikuti Monotype di , , dan .

Monotype adalah merek dagang dari Monotype Imaging Inc. yang terdaftar di U.S. Patent and Trademark Office dan mungkin terdaftar di wilayah hukum tertentu lainnya. 

Foto –
Logo –

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.