Lonjakan Perjalanan Festival Musim Semi Mencerminkan Masa Depan Cerah Tiongkok

(SeaPRwire) –   BEIJING, 9 Feb. 2024Laporan dari People’s Daily: Long Fei, seorang pekerja migran yang bekerja di Guangdong China selatan, kembali ke rumahnya di Guizhou setiap Tahun Baru Cina.

Bertahun-tahun yang lalu, Long dan sesama pekerja migran lainnya yang bekerja di wilayah Delta Sungai Mutiara sering mengendarai sepeda motor untuk pulang ke rumah karena keterbatasan kapasitas transportasi China dan kurangnya tiket kereta api selama mudik Festival Musim Semi.

Berkat pembangunan jaringan transportasi yang berkelanjutan dalam beberapa tahun terakhir, mereka kini dapat pulang ke rumah untuk Tahun Baru Cina dengan menggunakan kereta api cepat atau pesawat terbang. Long telah membeli mobil dan sekarang pulang ke rumah dengan istri dan putrinya untuk Tahun Baru Cina.

Menurunnya jumlah pekerja migran yang mengendarai sepeda motor untuk pulang ke rumah untuk Tahun Baru Cina ini secara tepat menggambarkan perubahan dan kemajuan dalam mudik Festival Musim Semi China.

Menurut perkiraan China’s Kementerian Perhubungan, sekitar 9 miliar perjalanan penumpang akan terjadi selama mudik Festival Musim Semi tahun ini.

Sektor transportasi tradisional – kereta api, jalan raya, penerbangan, dan pelayaran – semuanya akan beroperasi dengan kapasitas penuh. Bentuk perjalanan yang lebih baru seperti perjalanan darat, berbagi tumpangan, dan penyewaan mobil juga akan menyediakan berbagai pilihan.

Banyak sekali perjalanan yang dilakukan untuk mengunjungi keluarga dan pariwisata, dan oleh para pelajar dan pekerja migran yang kembali ke rumah. Mobilitas ini mencerminkan pemulihan ekonomi dan vitalitas sosial China yang berkelanjutan.

Perubahan mudik Festival Musim Semi tidak hanya memengaruhi pilihan transportasi masyarakat tetapi juga memengaruhi permintaan konsumen.

Tahun ini, diperkirakan 7,2 miliar perjalanan akan dilakukan dengan mobil, yang berarti 80 persen dari total perjalanan. Saat ini, masyarakat dapat menikmati pertemuan keluarga dan makan malam reuni tanpa harus terbatas di rumah mereka, karena mobilitas mereka telah sangat dimudahkan oleh kendaraan. Mereka dapat melakukan perjalanan kapan pun mereka mau.

Selain itu, berbagai sarana transportasi seperti kereta api cepat, pesawat terbang, dan mobil sewaan bekerja sama erat, memungkinkan orang untuk pergi ke berbagai tujuan.

Diversifikasi pilihan perjalanan tidak hanya memudahkan perjalanan masyarakat tetapi juga memicu pasar konsumen Festival Musim Semi yang lebih bersemangat.

Mudik Festival Musim Semi yang menegangkan telah memberikan tekanan pada sektor layanan terkait, tetapi juga menghadirkan peluang untuk pembangunan. Stasiun kereta membuka jalur khusus bagi penumpang dengan kebutuhan khusus; bandara meningkatkan layanan bagi pelancong yang baru pertama kali bepergian, platform pemesanan kendaraan meningkatkan alokasi kapasitas, dan area layanan jalan tol telah menyediakan layanan katering, perbaikan, dan medis untuk pengemudi. Layanan yang bijaksana ini telah mengubah perjalanan dari sekadar “pergi dari A ke B” menjadi pengalaman menyenangkan yang benar-benar dapat dinikmati orang.

Mengatasi titik-titik masalah pelancong Festival Musim Semi dapat mengungkap peluang baru bagi perkembangan industri transportasi.

Pabrik-pabrik bekerja lembur untuk meningkatkan produksi; perusahaan logistik berupaya memastikan rantai pasokan yang stabil, dan bisnis ritel, layanan pelanggan, dan pariwisata sepenuhnya siap untuk memenuhi permintaan pelanggan. Upaya yang terkoordinasi di seluruh sektor produksi, logistik, dan layanan untuk memberikan penawaran tanpa gangguan ini memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat selama Tahun Baru Cina, memanfaatkan potensi pasar Festival Musim Semi, dan menunjukkan ketahanan ekonomi China.

Dalam beberapa tahun terakhir, China telah membangun jaringan kereta api berkecepatan tinggi terbesar di dunia, sistem jalan raya, dan pelabuhan laut kelas dunia. Infrastruktur transportasi yang ekstensif ini telah merangsang investasi, mendorong pembangunan, dan memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat.

Dulu, masyarakat China menempuh perjalanan panjang sebelum berkumpul kembali dengan keluarga selama Tahun Baru Cina, dan hari ini, mereka merayakan festival di mana pun mereka mau. Orang-orang biasa membawa tas besar berisi hadiah ketika mengunjungi orang tua mereka, sekarang berkat belanja online, barang-barang tersebut dapat dikirim langsung ke rumah. Permintaan masyarakat yang meningkat akan kehidupan yang lebih baik menjadi pendorong kemajuan di banyak industri, termasuk transportasi.

Peningkatan berkelanjutan dalam arus penumpang melepaskan daya dorong konsumen yang lebih kuat, vitalitas ekonomi yang lebih besar, dan potensi pembangunan yang lebih besar, yang mencerminkan esensi “ekonomi arus mudik Festival Musim Semi” di mana penawaran dan permintaan saling mempromosikan satu sama lain dan mendorong pembentukan keseimbangan dinamis tingkat yang lebih tinggi.

Perkembangan arus mudik Festival Musim Semi adalah sejarah mobilitas penduduk. Pada tahun 1980-an, dengan dibukanya migrasi desa-kota, terjadi peningkatan tajam pekerja migran yang pergi bekerja, yang berkontribusi pada munculnya “pabrik dunia” dan menciptakan fenomena arus mudik Festival Musim Semi. Saat ini, semakin banyak orang yang pergi ke tempat lain untuk mendapatkan pendidikan dan peluang bisnis, dan kemudian kembali untuk berkontribusi pada pembangunan kampung halaman mereka.

Ini adalah proses di mana individu tumbuh seiring dengan perkembangan zaman, dan aspirasi pribadi mereka beresonansi dengan pembangunan bangsa. Di era baru, berbagai faktor mengalir dengan bebas, dan jalur pembangunan lebih terbuka, memberikan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi para talenta dari semua lapisan masyarakat untuk berjuang meraih kesuksesan.

Harga tiket kereta yang stabil, kecepatan kereta yang meningkat secara signifikan, dan perjalanan pulang yang semakin nyaman telah menjadi gambaran nyata dari modernisasi China, yang bertujuan untuk menyeimbangkan efisiensi dan keadilan dan memungkinkan masyarakat umum untuk lebih berbagi manfaat pembangunan. Dalam arus mudik Festival Musim Semi, kita dapat melihat masa depan yang cerah bagi China.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.