Paspor Produk Digital Uni Eropa Sebanyak 5 Juta Pada 2027 Akan Mengubah Industri Baterai Kendaraan Listrik Dengan Memungkinkan Pelacakan Rantai Pasokan

(SeaPRwire) –   Paspor Produk Digital akan meningkatkan transparansi rantai pasokan, memverifikasi kualitas baterai, dan menyempurnakan pengadaan material sirkular dan manufaktur yang bertanggung jawab

LONDON, 6 Februari 2024 — Di tengah tumbuhnya permintaan akan berbagai pilihan yang berkelanjutan, berbagai bisnis dan konsumen menghadapi tantangan dalam mengambil keputusan yang tepat karena adanya kesenjangan data dalam rantai pasokan. Paspor Produk Digital (DPP), yang dipelopori oleh Uni Eropa, bertujuan untuk menyederhanakan tugas ini. Antara tahun 2026 dan 2027, DPP akan pertama kali diterapkan pada kelompok produk yang berdampak paling besar terhadap lingkungan, baterai & kendaraan. Menurut perusahaan intelijen teknologi global ABI Research, pada tahun 2027, lebih dari 5 juta BEV akan dijual dengan Paspor Digital Baterai di Eropa Barat, yang mengharuskan produsen global untuk membuat Penilaian Siklus Hidup Baterai (LCA) pada tahun 2025. LCA memberikan informasi penting yang diperlukan untuk membuat Paspor Baterai.

“Paspor Produk Digital akan menjadi pengubah permainan dalam mempromosikan ketertelusuran, efisiensi material dan energi, dan model bisnis berbasis perbaikan,” kata Rithika Thomas, Analis Industri Teknologi Berkelanjutan di ABI Research. Paspor Digital Baterai merupakan tiruan digital baterai, yang menyimpan informasi tentang baterai dengan kode QR, nomor seri, dan berbagai dokumen verifikasi unik yang mendukung untuk menunjukkan arus melingkar sumber daya dari penambangan mineral mentah hingga produksi material, manufaktur, operasi, dan daur ulang.  Paspor baterai bertujuan untuk menjadi satu titik verifikasi global untuk kualitas baterai dan manufaktur yang bertanggung jawab.

DPP yang sukses bergantung pada manajemen data strategis terhadap seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem. Para produsen harus berinvestasi dalam berbagai peralatan yang kuat untuk data rantai pasokan dan pengungkapan untuk membuka potensi penuh DPP. Inisiatif-inisiatif seperti Global Battery Alliance, dengan berbagai mitra seperti  dan , bersama dengan , , , , dan , membuat prototipe Paspor Baterai untuk meningkatkan transparansi dalam rantai nilai baterai, serta mengubah industri baterai EV agar lebih sirkular dan berkelanjutan di masa depan. Seiring perkembangan teknologi, ekosistem sekunder, seperti pasar daur ulang dan baterai second-life, akan terus berkembang, serta menawarkan sejumlah keuntungan emisi karbon yang signifikan dalam berbagai aplikasi seperti penyimpanan stasioner untuk sistem fotovoltaik. Daya listrik darurat, atau penyangga daya untuk pengisian daya cepat.

DPP merupakan teknologi baru dalam kerangka kerja ekonomi sirkular. Peningkatan variasi pengumpulan data dan aplikasi dalam barang konsumsi, konstruksi, pakaian, dan sektor pangan melalui solusi seperti yang ditawarkan oleh  , , , , , dan membuka peluang bisnis jangka panjang. Penggunaan DPP untuk keterlibatan pelanggan dan menunjukkan komitmen keberlanjutan sebelum peraturan khusus produk sangatlah penting.

Informasi produk yang terperinci mengomunikasikan dedikasi perusahaan terhadap keberlanjutan, kualitas, regulasi, dan transparansi. “DPP memfasilitasi pengumpulan data, kolaborasi, dan pengambilan keputusan yang tepat, mengoptimalkan produksi dan mengidentifikasi peluang penghematan biaya dan sirkularitas. Diakui sebagai perangkat yang berpengaruh untuk transparansi, paspor produk digital menggabungkan informasi siklus hidup di satu platform yang sama. Perusahaan-perusahaan proaktif memperoleh investasi, akuisisi pelanggan, pengaruh terhadap regulasi, perbaikan transparansi, dan manfaat kepatuhan operasional melalui pelaporan keberlanjutan dan transparansi data,” Thomas menyimpulkan.

Temuan-temuan ini berasal dari ABI Research’s . Laporan ini merupakan bagian dari layanan riset perusahaan , yang menyertakan penelitian, data, dan ABI Insights. Berdasarkan wawancara primer yang ekstensif,   menyajikan analisis mendalam tentang tren pasar utama dan sejumlah faktor untuk aplikasi tertentu, yang dapat fokus pada pasar atau geografi individual.

Tentang ABI Research

ABI Research adalah perusahaan intelijen teknologi global yang diposisikan secara unik di persimpangan antara penyedia solusi teknologi dan perusahaan-perusahaan pasar akhir. Kami bertindak sebagai jembatan yang menghubungkan kedua segmen secara mulus dengan menyediakan penelitian eksklusif dan arahan ahli untuk mendorong penerapan teknologi yang sukses dan memberikan strategi terbukti untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

ABI Research adalah perusahaan intelijen teknologi global yang mempunyai keunggulan unik, bertindak sebagai penghubung antara perusahaan-perusahaan pasar akhir dengan penyedia solusi teknologi. Kami berperan sebagai jembatan yang menghubungkan kedua segmen secara mulus dengan menyediakan penelitian eksklusif dan arahan ahli untuk mendorong penerapan teknologi yang sukses dan memberikan strategi yang terbukti untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan ABI Research, hubungi kami di +1.516.624.2500 di Benua Amerika, +44.203.326.0140 di Eropa, +65.6592.0290 di Asia-Pasifik, atau kunjungi.

Info Kontak:

Global
Deborah Petrara
Telp.: +1.516.624.2558
 

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.