Telix Teken Perjanjian untuk Mengakuisisi QSAM Biosciences dan Platform Penargetan Kanker Tulangnya

(SeaPRwire) –   MELBOURNE, Australia , 8 Feb 2024 –.Telix Pharmaceuticals Limited (ASX: TLX, Telix, Perusahaan) hari ini mengumumkan bahwa pihaknya telah meraih kesepakatan untuk memperoleh QSAM Biosciences, Inc. (U.S. OTC: QSAM) dan Samarium-153-DOTMP (153Sm-DOTMP) yang tengah dalam investigasi. QSAM adalah perusahaan berbasis di Amerika Serikat yang mengembangkan radiofarmaseutikal terapeutik untuk kanker tulang primer dan metastasis.

153Sm-DOTMP merupakan kandidat radiofarmaseutikal bertarget pencari tulang berbasis kit baru yang menggunakan agen khelasi “generasi mendatang” untuk mengirimkan formulasi eksklusif radioisotop Samarium-153. Dengan dua aplikasi utama yang potensial – manajemen nyeri metastasis tulang dan terapi osteosarkoma, termasuk pada pasien anak – 153Sm-DOTMP sangat selaras dengan fokus terapeutik Telix saat ini di bidang onkologi urologi (kanker prostat), neuro-onkologi (glioma), dan onkologi muskuloskeletal (sarkoma).

153Sm-DOTMP telah menunjukkan bukti awal keamanan, khasiat, dan kemanfaatan komersial di masa mendatang dalam uji klinis dan pra-klinis, dan memiliki potensi untuk memberikan peningkatan yang signifikan pada agen pencari tulang sebelumnya dalam pengobatan dan manajemen penyakit metastasis stadium lanjut. Hal ini termasuk profil keamanan yang jauh lebih baik (mielotoksik dan renal toksisitas), pengiriman yang lebih bertarget (pengurangan iradiasi di luar target) dan sistem produksi yang ramping (rantai pasokan yang fleksibel dan COGS yang lebih rendah).[1] Komersialisasi aset ini yang potensial akan membangun jalur penggantian yang mapan untuk golongan obat ini, menawarkan alternatif yang hemat biaya dan meningkatkan kualitas hidup sebagai standar perawatan (bifosfonat, steroid, opioid).

Data pra-klinis dan klinis terkini telah menghasilkan bukti yang mendorong 153Sm-DOTMP untuk memungkinkan manajemen nyeri pada metastasis tulang kanker prostat,[2] di mana masih terdapat kebutuhan pasien yang belum terpenuhi secara signifikan, khususnya setelah perkembangan dari bentuk terapi radiasi dan radionuklida lainnya. Telix meyakini bahwa 153Sm-DOTMP dapat memberi manfaat bagi pasien dengan kanker paru dan payudara metastasis, di mana banyak pasien mengalami metastasis otak dan tulang, dan manajemen penyakit sering kali berfokus pada perawatan paliatif demi kualitas hidup. 

153Sm-DOTMP juga telah diberikan Penetapan Obat Yatim[3] dan Penyakit Anak Langka[4] (ODD/RPDD) oleh Administrasi Obat dan Makanan U.S. (FDA) untuk pengobatan osteosarkoma. Penetapan ini memperluas portofolio Telix hingga mencakup pengobatan potensial untuk penyakit yang sebagian besar menyerang anak-anak dan dewasa muda, yang membangun fokus Telix yang telah mapan pada onkologi muskuloskeletal (program alfa bertarget – TLX300 / olaratumab). Penetapan RPDD memungkinkan 153Sm-DOTMP untuk dipasarkan dengan lebih cepat melalui insentif regulasi, termasuk kelayakan untuk Voucher Tinjauan Prioritas Penyakit Langka Pediatrik (PRV) yang dapat diterapkan untuk program Telix ini atau lainnya.

Dr Christian Behrenbruch, Direktur Pelaksana dan CEO Group Telix berkata, “Akuisisi QSAM memberi Telix aset perpipaan terapeutik tambahan dalam waktu dekat, yang selanjutnya membedakan posisi inovasi kami dalam radiofarmaseutikal dan membangun kedalaman di area fokus penyakit utama Telix yaitu onkologi urologi dan muskuloskeletal. Samarium adalah radionuklida yang sangat optimal untuk mengobati metastasis tulang, dan kombinasi status ODD dan PRDD dengan pengalaman Telix yang telah terbukti dalam distribusi cold-kit berdasarkan farmasi memiliki potensi yang kuat untuk jalur yang cepat menuju komersialisasi aset ini.”

Persyaratan dan ketentuan kesepakatan

Harga pembelian meliputi:

  • US$33,1 juta (AU$50,8 juta[5]) di muka, yang dibayarkan dalam bentuk 4.369.914 saham biasa Telix yang akan dikeluarkan saat penutupan, tergantung pada penyesuaian tunai tertentu (pada atau setelah penutupan) yang akan dikurangkan dari nilai di muka, dan
  • Hak Nilai Kontinjen, atau hak kinerja, yang mewakili hak pemegang untuk menerima pembayaran kontinjensi hingga US$90 juta (AU$138 juta[5}) secara agregat, yang dibayarkan secara tunai dan/atau saham biasa, setelah pencapaian tonggak klinis dan komersial tertentu.

Telix akan menerbitkan saham biasa kepada para pemegang saham QSAM saat penutupan dalam kapasitas penempatan Peraturan Pencantuman 7.1 sebagai pertimbangan untuk akuisisi tersebut. Saham biasa yang diterbitkan di muka akan tunduk pada ketentuan escrow.[6] Jumlah saham biasa yang akan diterbitkan saat penutupan akan ditentukan berdasarkan harga per saham, yang mewakili harga rata-rata tertimbang volume di mana saham biasa diperdagangkan di ASX selama periode 10 hari perdagangan sebelum penandatanganan.

Eksekusi perjanjian akuisisi menyimpulkan periode opsi eksklusivitas dan untuk menyelesaikan pemeriksaan setelah penandatanganan Lembar Persyaratan untuk akuisisi yang diusulkan pada November 2023.[7] Penyelesaian transaksi tunduk pada ketentuan adat, termasuk persetujuan pemegang saham QSAM dan persetujuan regulasi.

Rujuk pengungkapan Telix dan Lampiran 3B yang diserahkan ke ASX hari ini untuk informasi lebih lanjut.

Tentang kanker tulang

Di A.S., terdapat lebih dari 400.000 pasien baru yang didiagnosis setiap tahun dengan kanker tulang metastasis dan 350.000 kematian pasien.[8] Insiden tumor ganas lanjut dengan metastasis tulang dapat mencapai hingga 70%, terutama umum pada pasien dengan kanker prostat dan payudara lanjut.[9] Osteosarkoma dan sarkoma Ewing adalah keganasan tulang yang paling umum pada anak-anak. 

Tentang QSAM Biosciences, Inc.

QSAM Biosciences, Inc. tengah mengembangkan obat-obatan nuklir generasi mendatang untuk pengobatan kanker dan penyakit lainnya. Teknologi awal QSAM, 153Sm-DOTMP, adalah radiofarmaseutikal bertarget tulang tahap klinis yang awalnya dikembangkan oleh IsoTherapeutics Group LLC dan kini dimiliki oleh IGL Pharma Inc.

Tentang Telix Pharmaceuticals Limited

Telix adalah perusahaan biofarmasi yang berfokus pada pengembangan dan komersialisasi radiofarmaseutikal diagnostik dan terapeutik serta perangkat medis terkait. Telix berkantor pusat di Melbourne, Australia dengan operasi internasional di Amerika Serikat, Eropa (Belgia dan Swiss), dan Jepang. Telix tengah mengembangkan portofolio produk tahap klinis yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan medis yang tak terpenuhi secara signifikan dalam onkologi dan penyakit langka. Telix terdaftar di Bursa Efek Australia (ASX: TLX).

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Kunjungi www.te